Wednesday, March 31, 2010

Software Bug pada Internet Banking Mandiri?

Longkrang, 1 April 2010

Ini bukan April Mop atau semacamnya. Saya termasuk pemakai aktif produk Internet Banking, sejak dulu masih punya akun di Deutsche Bank dan Dresdner Bank, hingga sekarang BCA dan Bank Mandiri.

Deutsche Bank dan Dresdner Bank, sudah tidak perlu dibicarakan, karena jelas mereka sangat mantap, tidak pernah ada masalah sedikitpun.

E-Banking BCA sudah saya gunakan sejak 3 tahun terakhir, dan tidak pernah ada masalah berarti, hingga beberapa waktu lalu saya kehilangan token saya, dan sampai saat ini belum sempat ngurus administrasinya (laporan kehilangan di kantor polisi, dsb), sehingga sementara transaksi terbatas di Mobile Banking. Tapi secara umum, saya sangat puas dengan E-Banking BCA, sangat mudah dan nyaman. One thumb up untuk e-banking BCA.

Untuk memenuhi kebutuhan bisnis, saya juga membuka rekening Bank Mandiri, mengingat banyak relasi yang menggunakan bank ini, selain itu jaringannya juga sangat luas. Dan saya juga pemakai E-Banking Mandiri.

Problemnya adalah Internet Banking Mandiri ini sering sekali bermasalah. Memang bukan masalah seperti kehilangan uang dan semacamnya, tetapi karena sering sekali terjadi gagal transaksi. Misalnya ketika mau beli pulsa, eh Transaksi Ditolak. Mau bayar listrik PLN, eh juga Transaksi Ditolak. Kadang berhasil, tapi gagalnya lebih sering.

Belum lagi kalau pas butuh transfer, baik itu sesama rekening Bank Mandiri atau ke bank lain. Ini sangat menjengkelkan, karena urusan bisnis bisa jadi terkendala, gara-gara gagal transfer.

Rupanya, tidak cuma saya yang mengalami persoalan serupa. Banyak orang mengeluhkan buruknya layanan Internet Banking Mandiri. Misalnya di sini.

Pagi ini saya mencoba untuk transfer ke BCA, tapi lagi-lagi gagal, alasannya sangat tidak masuk akal : TRANSAKSI TIDAK DAPAT DIPROSES, karena TANGGAL EFEKTIF < TANGGAL HARI INI.





PADAHAL, saya mencoba untuk RTGS pada tanggal 1 April 2010, dan tanggal efektifnya juga 1 April 2010. Dan saya tidak melakukan perubahan pilihan apapun, semua default (karena logikanya default pun tidak masalah).

Masak software tidak bisa membedakan antara "<" dan "=" ? Aneh bin ajaib.

Ini adalah sesuatu yang tidak pernah saya jumpai selama menggunakan Internet Banking BCA, Deutsche Bank atau Dresdner Bank. Tidak pernah saya gagal transaksi, kecuali jika alasannya logis.

Ketika Bank beramai-ramai ekspansi ke Internet Banking, karena memberikan keuntungan baik buat Bank (antrian lebih pendek, SDM tidak perlu ditambah, dll), dan juga customer (tidak perlu repot datang dan antri, dll), sudah seharusnya Bank Mandiri mencontoh Bank lainnya yang lebih serius mengurusi Internet Bankingnya.

Sudah berpuluh kali saya mengalami masalah dengan Internet Banking Mandiri, tapi baru kali ini saya menuliskannya. Semoga Software Developer dan System Integrator di Bank Mandiri bisa lebih profesional lagi dalam menjalankan tugasnya. Tidak perlu malu untuk belajar dari Bank lainnya.

9 comments:

  1. saya juga mengalami hal yang sama. Sementara ini saya 'berbaik sangka' karena saat transaksi tanggal di sini memang 1 hari lebih kecil (selisih 5 jam) dibanding di Indonesia (walaupun sebenarnya proses keseluruhan tetap di servernya sono yang otomatis tidak berpengaruh apa2 terhadap tanggalan apa pun). Jadi saya tidak tau apa yang harus dilakukan, karena yang memerlukan di Indonesia cukup (bagaimana lagi misalnya sangat) darurat?

    ReplyDelete
  2. Ya. Sepertinya cuma ikut2an. nggak niat ngelola atau belum menjadi salah satu prioritas pelayanan untuk kepuasan pelanggan.

    ReplyDelete
  3. menjengkelkan.....!!!! ane hanya untuk lihat histori transaksi aja 'TRANSAKSI TIDAK DAPAT DIPROSES Sistem tidak dapat melayani permintaan Ada' ta* kucing....!!!

    ReplyDelete
  4. emang BR*NGS*K tuh bank mandiri. Sialan banget. nyita waktu nasabah melulu. Gua udah antre berjam2 jam buat dapetin token sialan. Eh pas giliran gua CSnya bilang 'maaf pak, token nya habis'. Kampreeetttt.. kenapa ngga bilang dari tadi.
    Gua disuruh dateng ke cabang bulak kapal bekasi. di sana katanya masih ada. Mumpung gua lagi sempet ok dah gua jabanin. Ternyata di sana masih harus ngantri lagi.. alhamdulillah tapi akhirnya token dapet.
    Tapi rupanya masalah belum selesai. Token nya ngga bisa diaktivasi.. CS nya bilang 3 sampai 5 jam sudah bisa diaktivasi dan digunakan. Lha ini gua udah ampe seminggu mau aktivasi tiap hari gagal melulu.. Sialannnn mandiri kampreettt

    ReplyDelete
  5. sama persis , nbaru z kejadian gw transfer rtgs gagal mulu eh nongol pengumuman penting
    TRANSAKSI TIDAK DAPAT DIPROSES, karena TANGGAL EFEKTIF < TANGGAL HARI INI

    dasar geje

    ReplyDelete
  6. Emang tuh mandiri ngehe...bank lain ga pernah ad gagal transaksi...bijimanah nih mandiri

    ReplyDelete
  7. Emang tuh mandiri ngehe...bank lain ga pernah ad gagal transaksi...bijimanah nih mandiri

    ReplyDelete
  8. Emang tuh mandiri ngehe...bank lain ga pernah ad gagal transaksi...bijimanah nih mandiri

    ReplyDelete
  9. Sama gan.. padahal situasi penting..habisin pulsa aja..

    ReplyDelete